Latest News

Senin, 06 Februari 2017

Cara Alami Sembuhkan Demam Pada Anak

Cara Alami Sembuhkan Demam Pada Anak

Cara Alami Sembuhkan Demam Pada Anak - Kebanyakan orang tua, terlebih ibu biasanya panik ketika anaknya mengalami demam tinggi. Mereka akan berusaha memberikan pertolongan pertama dengan memberi obat seperti asam salisilat, paracetamol, dan jenis obat kimia lainnya. Tahukah anda bahwa bahan kimia yang terdapat pada obat dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan anak.


Oleh sebab itu, ada baiknya jika mencari solusi lain untuk menyembuhkan demam tinggi pada anak. Bagaimana caranya? Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah yang mempunyai beribu manfaat. Anda sebagai orang tua yang cerdas dapat memanfaatkannya untuk kesembuhan si buah hati. Simak beberapa bahan alami yang dapat membantu menurunkan demam pada anak. Berikut:
  • Bawang merah
Minyak atsiri, metilaliin, sikloaliin, floroglusin, kuersetin, serta kaemferol merupakan kandungan yang terdapat pada bawang merah atau yang sering kita jumpai  di dapur ini sangat efektif membantu menurunkan demam. Caranya mudah, kupas beberapa siung bawang merah, cuci bersih kemudian parut dan campurkan minyak kelapa lalu oleskan pada tubuh anak.
  • Air Kelapa Muda
Air kelapa muda mempunyai kandungan mineral kalium yang efektif membantu atasi dehidrasi atau mengganti cairan tubuh. Sebagai saran, jika buah hati anda mengalami demam, anda dapat mengusapkan air kelapa muda atau jika telah cukup usia anda dapat memberi anak anda secangkir air kelapa muda. 
  • Kunyit
Minyak atsiri, zingiberen, turmeron, serta kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-oksidan tinggi. Selain dapat menurunkan demam, kunyit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya cukup sederhana, siapkan rimpang kunyit yang telah dihaluskan sebelumnya lalu tambahkan setengah gelas air panas kemudian aduk hingga merata. Dinginkan lalu peras, pisahkan ampasnya. Air sari kunyit tersebut kemudian campur dengan satu sendok makan madu dan perasan setengah jeruk nipis. Minum dan lakukan dalam sehari tiga kali
  • Lempuyang Emprit
Rimpang yang satu ini berwarna putih dan mempunyai rasa yang pahit, tetapi lempuyang emprit mempunyai manfaat dapat menurunkan demam, pengaruh ini dikarenakan lempuyang emprit mengandung senyawa minyak atsiri yang tinggi yaitu sekuiterpenkon. Caranya juga mudah, sama dengan proses pembuatan kunyit sebagai obat menurunkan demam.
  • Pegagan
Triterpenoid, hidrokotilin, saponin, serta velarin yang terkandung pada tanaman pegagan memiliki manfaat menurunkan demam, merevitalisasi tubuh dan pembuluh darah, serta memperkuat susunan jaringan tubuh. Caranya pun terbilang cukup mudah, siapkan tanaman pegagan seperlunya, cuci kemudian rebus. Tambahkan satu sendok makan madu. Konsumsi tiga hari sekali.
  • Labu Siam
Anda bisa memanfaatkan labu siam muda untuk menurunkan panas pada anak. Labu siam yang memiliki sifat dingin dipercaya mampu menurunkan demam. Caranya gampang sekali, haluskan labu siam muda kemudian tempatkan pada bagian dahi anak anda.

Nah, Itulah beberapa cara alami sembuhkan demam pada anak yang dapat anda coba. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda sebagai orang tua agar lebih memaksimalkan cara alami untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kesehatan anak.

Post by: Sehat Bugar

Cara Alami Sembuhkan Demam Pada Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar